<script data-ad-client="ca-pub-5711100486565833" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> AGUNG KURNIAWAN: Ternyata mudah menghitung jumlah minggu dan minggu efektif dalam satu semester

Selasa, 08 Oktober 2019

Ternyata mudah menghitung jumlah minggu dan minggu efektif dalam satu semester

CARA MENGHITUNG JUMLAH MINGGU DALAM SATU SEMESTER UNTUK PERHITUNGAN PROTA DAN PROMES

Cuzzz....tanpa gambar kalender pendidikan karena saya anggap semua sudah tidak asing lagi dengan Kalender Pendidikan

Perhitungan jumlah minggu pada kalender pendidikan bertujuan agar kita bisa mengetahui minggu efektif, minggu tidak efektif dan juga berapa kali kita tetap muka ketika kegiatan belajar mengajar agar sesuai dengan tujuan perangkat pembelajaran yang kita rancang.

Berikut cara menghitung jumlah minggu pada kalender pendidikan:
1. Perlu diketahui perhitungan jumlah minggu pada setiap bulan dihitung secara manual dari bulan Januari hingga Desember untuk setiap tahunnya.
2. Jika pada suatu bulan ada 2 atau 3 hari sisa maka perhitungan minggu ikut bulan selanjutnya atau bulan depan.

3. Jika pada suatu bulan  ada 4 atau 5 hari sisa maka perhitungannya minggu ikut bulan bersangkutan.

Nah kurang lebihnya seperti itu, semoga informasi ini bisa menambah ilmu pengetahuan maupun wawasan terkait dengan administrasi guru khususnya perangkat pembelajaran. Semoga bermanfaat sukses selalu untuk kita semua.

CARA MENGHITUNG MINGGU EFEKTIF DALAM SATU SEMESTER
Langsung saja...

Pertama
Langkah awal dalam menghitung jumlah minggu efektif adalah perlu kita sediakan kalender pendidikan, biasanya kalender pendidikan ini di keluarkan oleh dinas pendidikan atau kantor kementerian agama setempat dimana kita satuan kerja kita berada.

Kedua
Langkah yang kedua ini, anda menghitung jumlah seluruh pekan dalam satu bulan, dimulai dari bulan Juli (karena awal tahun pelajaran) sampai bulan Desember (karena akhir semester).

Ketiga
Selanjutnya menghitung dan merekap jumlah hari libur dan tanggal merah (hari minggu lewatkan saja) serta hari ketika ada kegiatan sekolah yang tidak masuk kelas misalkan MOS, Pasca PAS (Penilaian Akhir Semester).

Keempat
Langkah ini kita menghitung pekan yang tidak efektif, caranya jika dalam satu pekan itu ada empat hari tidak masuk kelas maka dianggap tidak efektif. hitunglah perpekan kemudian rekap perbulan.

Kelima
Setelah kita mendapatkan pekan tidak efektif selanjutnya kita menghitung jumlah minggu efektif. cara adalah jumlah pekan dalam satu semester dari Juli sampai dengan Desember dikurang dengan Jumlah minggu tidak efektif. dengan hasil pengurangan tadi maka ditemukanlah jumlah minggu efektif dalam satu semester.

Keenam
Langkah yang terakhir adalah menghitung jumlah jam alokasi belajar yaitu dengan mengalikan jumlah minggu efektif dengan jumlah jam pelajaran satu minggu dalam satu kelas misalkan mata pelajaran IPA ada 5 JP (jam pelajaran) dikalikan dengan jumlah pekan efektif yang dihitung tadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar atau kritik yang membangun

3.3.a.10 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 1. Aksi Nyata Modul 3.1 SARASEHAN BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN DIK...