<script data-ad-client="ca-pub-5711100486565833" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> AGUNG KURNIAWAN

Minggu, 09 Juni 2019

RENTANG NILAI DAN PREDIKAT K 13

RENTANG NILAI

Tabel 1: Rentang  Nilai Kompetensi  Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap
No.
Rentang Nilai
Keterangan
Predikat
Sikap
1
0 ≤D≤ 1,00
Nilai D = lebih dari 0 dan kurang dari atau sama dengan 1.
K
(Kurang)
2
1,00 ≤D+ ≤ 1,33
Nilai D+ = lebih dari 1 dan kurang dari atau sama dengan 1,33.
D+ 
3
1,33 ≤ C-≤ 1,67
Nilai C- = lebih dari 1,33 dan kurang dari atau sama dengan 1,67.
C-
C
(Cukup)
4
1,67 ≤ C ≤ 2,00
Nilai C = lebih dari 1,67 dan kurang dari atau sama dengan 2,00.
C
5
2,00 ≤ C+ ≤ 2,33
Nilai C+ = lebih dari 2,00 dan kurang dari atau sama dengan 2,33.
C+
6
2,33 ≤ B- ≤ 2,67
Nilai B- = lebih dari 2,33 dan kurang dari atau sama dengan 2,67.
B-
B
(Baik)
7
2,67≤B ≤ 3,00
Nilai B = lebih dari 2,67 dan kurang dari atau sama dengan 3,00.
B
8
3,00 ≤ B+ ≤ 3,33
Nilai B+ = lebih dari 3,00 dan kurang dari atau sama dengan 3,33.
B+
9
3,33 ≤ A- ≤ 3,67
Nilai A- = lebih dari dan kurang dari 3,33 atau sama
A-
SB
(Sangat Baik)
10
3,67 ≤ A ≤ 4,00
Nilai A = lebih dari 3,67 dan kurang dari atau sama dengan 4,00.
A








Tabel 2 : Konversi dari skor 1 – 100 ke 1 – 4
INTERVAL
HASIL KONVERSI
PREDIKAT
< 54
1.00
D
55 – 59
1.33
D+
60 – 64
1.67
C-
65 – 69
2.00
C
70 – 74
2.33
C+
75 – 80
2.67
B-
81 – 85
3.00
B
86 – 90
3.33
B+
91 – 95
3.67
A-
96 – 100
4.00
A


 Tabel 3 : Konversi Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
NILAI
PREDIKET
SIKAP
PENGTAHUAN
KETERAMPILAN
1 = K (Kurang)
1.00
1.00
D
1.33
1.33
D+
2 = C (Cukup)
1.67
1.67
C-
2.00
2.00
C
2.33
2.33
C+
3 = B ( Baik )
2.67
2.67
B-
3.00
3.00
B
3.33
3.33
B+
4 = SB (Sangat Baik)
3.67
3.67
A-
4.00
4.00
A


DESKRIPSI CAPAIAN KOMPETENSI
KURIKULUM 2013

A.      Sikap
NO
NILAI
DESKRIPSI
1
1 = K (Kurang)
Kurang menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
2
2 = C (Cukup)
Cukup menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
3
3 = B (Baik)
Dapat menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
4
4 = SB (Sangat Baik)
Sangat menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
B.      Pengetahuan
NO
NILAI
DESKRIPSI
1
D
Sangat Kurang  Hanya dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi satu atau dua kompetensi dasar saja.
2
D+
Kurang  Hanya dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi sebagian kecil kompetensi dasar.
3
C-
Sedang - Cukup dapat mengingat, mengetahui  sebagian Kecil kompetensi dasar  tetapi kurang bisa menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi sebagian besar kompetensi dasar.
4
C
Cukup dapat mengingat, mengetahui  sebagian kompetensi dasar tetapi kurang bisa menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi beberapa kompetensi dasar.
5
C+
Sangata Cukup dapat mengingat, mengetahui, menerapkan sebagian besar kompetensi dasar  tetapi kurang bisa menganalisis dan mengevaluasi beberapa kompetensi dasar.
6
B-
Cukup Baik dapat mengingat, mengetahui, menerapkan  sebagian besar kompetensi dasar  tetapi kurang bisa menganalisis dan mengevaluasi dua kompetensi dasar.
7
B
Baik dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis sebagian besar kompetensi dasar tetapi kurang bisa mengevaluasi dua kompetensi dasar.
8
B+
Baik sekali dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis sebagian besar kompetensi dasar tetapi kurang bisamengevaluasi salah satu dari kompetensi dasar.
9
A-
Baik dan sempurna dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi semua kompetensi dasar tetapi kurang teliti mengevaluasi salah satu kompetensi dasar.
10
A
Sangat baik dan sempurna dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi semua kompetensi dasar.
C.     c.  KETERAMPILAN
NO
NILAI
DESKRIPSI
1
D
Sangat Kurang.  Tidak aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
2
D+
Kurang.  Kurang aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
3
C-
Cukup-sedang.  Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
4
C
Cukup.  Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
5
C+
Sangat Cukup.  Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
6
B-
Cukup Baik. Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
7
B
Baik. Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan sebagian  besar  soal cerita.
8
B+
Baik sekali. Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan sebagian  besar soal.
9
A-
Baik dan sempurna. Aktif  bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan semua soal.
10
A
Sangat baik dan sempurna. Sangat ktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan semua soal.

Senin, 29 April 2019

Soal Latihan PAT IPA Kelas VII

Bagi bapak/ibu guru yang sedang mempersiapkan latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT), berikut saya bagikan soal yang terkait, mohon maaf sebelumnya apabila soal yang dimaksud tidak sesuai dengan kisi-kisi yang di pedomani. Berikut Soal Latihannya.

Senin, 25 Maret 2019

Penilaian kinerja kepala Lab. IPA

Pengantar

Penilaian Kinerja Guru dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam menjalankan tugasnya. Di samping itu penilaian kinerja guru juga berdampak pada pembinaan karir, peningkatan kompetensi serta pada pemberian tunjangan profesi.
Berdasarkan Permendiknas No. 26 tahun 2008, disebutkan bahwa kepala laboratorium memiliki pendidikan minimal sarjan (S1) yang telah berpengalaman minimal 3 tahun dalam mengelola praktikum. Di samping itu, kepala laboratorium juga harus memiliki sertifikat sebagai kepala laboratorium dari perguruan tinggi maupun lembaga lain yang ditetapkan pemerintah.
Penilaian Kinerja Guru dengan tugas tambahan sebagai kepala laboratorium (dan juga kepala bengkel) terdiri dari 7 komponen dengan 46 kriteria kinerja dan 184 indikator/bukti sesuai dengan tugas sebagai kepala laboratorium/bengkel.
Fungsi Utama Penilaian Kinerja Guru
Penilaian Kinerja guru ini memiliki 2 fungsi utama, yaitu :
1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukan pada tahun tersebut.
Aspek Penilaian Kinerja
Aspek yang dinilai pada Penilaian Kinerja Guru dengan tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel meliputi :
1. Komponen Kepribadian
2. Kompionen Sosial
3. Komponen Pengorganisasian Guru, Laboran/Teknisi
4. Komponen Pengelolaan Program dan Administrasi
5. Komponen Pengelolaan, Pemantauan dan Evaluasi
6. Komponen Pengembangan dan Inovasi
7. Komponen Pengelolaan Lingkungan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Jenis Penilaian Kinerja
Penilaian yang dilakukan dalam penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan kepala laboratorium/bengkel meliputi evaluasi diri, formatif dan sumatif.
Evaluasi diri dilakukan pada awal tahun pelajaran. Evaluasi diri ini digunakan untuk memetakan kompetensi serta penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Pada akhir tahun pelajaran, dilakukan penilaian sumatif yang merupakan penilaian kinerja guru tersebut. Hasil penilaian sumatif ini, akan dijadikan acuan untuk memetakan kembali program PKB di tahun berikutnya. Jika pada akhir tahun ajaran (sumatif), akumulai nilai yang diperlukan untuk kenaikan pangkat sudah tercapai, maka guru tersebut dapat mengajukan usulan kenaikan pangkatnya.
Untuk Pedoman Penilaian Kinerja Guru dengan Tugas Tambahan Kepala Laboratorium/Bengkel bisa download DISINI
Sumber: Penilaian Kinerja Guru, Kepala Laboratorium, 2019

3.3.a.10 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid 1. Aksi Nyata Modul 3.1 SARASEHAN BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN DIK...