RENTANG NILAI
Tabel 1: Rentang Nilai
Kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap
No.
|
Rentang
Nilai
|
Keterangan
|
Predikat
|
Sikap
|
|
1
|
0 ≤D≤ 1,00
|
Nilai D = lebih dari 0 dan kurang dari atau
sama dengan 1.
|
D
|
K
(Kurang)
|
|
2
|
1,00 ≤D+ ≤ 1,33
|
Nilai D+ = lebih dari 1 dan kurang dari
atau sama dengan 1,33.
|
D+
|
||
3
|
1,33 ≤ C-≤ 1,67
|
Nilai C- = lebih dari 1,33 dan kurang
dari atau sama dengan 1,67.
|
C-
|
C
(Cukup)
|
|
4
|
1,67 ≤ C ≤ 2,00
|
Nilai C = lebih dari 1,67 dan kurang dari
atau sama dengan 2,00.
|
C
|
||
5
|
2,00 ≤ C+ ≤ 2,33
|
Nilai C+ = lebih dari 2,00 dan kurang
dari atau sama dengan 2,33.
|
C+
|
||
6
|
2,33 ≤ B- ≤ 2,67
|
Nilai B- = lebih dari 2,33 dan kurang
dari atau sama dengan 2,67.
|
B-
|
B
(Baik)
|
|
7
|
2,67≤B ≤ 3,00
|
Nilai B = lebih dari 2,67 dan kurang dari
atau sama dengan 3,00.
|
B
|
||
8
|
3,00 ≤ B+ ≤ 3,33
|
Nilai B+ = lebih dari 3,00 dan kurang
dari atau sama dengan 3,33.
|
B+
|
||
9
|
3,33 ≤ A- ≤ 3,67
|
Nilai A- = lebih dari dan kurang dari
3,33 atau sama
|
A-
|
SB
(Sangat
Baik)
|
|
10
|
3,67 ≤ A ≤ 4,00
|
Nilai A = lebih dari 3,67 dan kurang dari
atau sama dengan 4,00.
|
A
|
Tabel 2 : Konversi dari skor 1 – 100 ke 1 – 4
INTERVAL
|
HASIL KONVERSI
|
PREDIKAT
|
|
< 54
|
1.00
|
D
|
|
55 – 59
|
1.33
|
D+
|
|
60 – 64
|
1.67
|
C-
|
|
65 – 69
|
2.00
|
C
|
|
70 – 74
|
2.33
|
C+
|
|
75 – 80
|
2.67
|
B-
|
|
81 – 85
|
3.00
|
B
|
|
86 – 90
|
3.33
|
B+
|
|
91 – 95
|
3.67
|
A-
|
|
96 – 100
|
4.00
|
A
|
Tabel 3 :
Konversi Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
NILAI
|
PREDIKET
|
|||
SIKAP
|
PENGTAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
||
1 = K (Kurang)
|
1.00
|
1.00
|
D
|
|
1.33
|
1.33
|
D+
|
||
2 = C (Cukup)
|
1.67
|
1.67
|
C-
|
|
2.00
|
2.00
|
C
|
||
2.33
|
2.33
|
C+
|
||
3 = B ( Baik )
|
2.67
|
2.67
|
B-
|
|
3.00
|
3.00
|
B
|
||
3.33
|
3.33
|
B+
|
||
4 = SB (Sangat Baik)
|
3.67
|
3.67
|
A-
|
|
4.00
|
4.00
|
A
|
DESKRIPSI CAPAIAN KOMPETENSI
KURIKULUM 2013
A. Sikap
|
||||
NO
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
||
1
|
1
= K (Kurang)
|
Kurang
menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
|
||
2
|
2
= C (Cukup)
|
Cukup
menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
|
||
3
|
3
= B (Baik)
|
Dapat
menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
|
||
4
|
4
= SB (Sangat Baik)
|
Sangat
menerima, menjalankan, menghargai, menghayati dan mengamalkan nilai agama
|
||
B. Pengetahuan
|
||||
NO
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
||
1
|
D
|
Sangat
Kurang Hanya dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi satu atau dua kompetensi dasar saja.
|
||
2
|
D+
|
Kurang Hanya
dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
sebagian kecil kompetensi dasar.
|
||
3
|
C-
|
Sedang
- Cukup dapat mengingat, mengetahui sebagian Kecil kompetensi
dasar tetapi kurang bisa menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi sebagian besar kompetensi dasar.
|
||
4
|
C
|
Cukup dapat
mengingat, mengetahui sebagian kompetensi dasar tetapi kurang
bisa menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi beberapa kompetensi
dasar.
|
||
5
|
C+
|
Sangata
Cukup dapat mengingat, mengetahui, menerapkan sebagian besar
kompetensi dasar tetapi kurang bisa menganalisis dan
mengevaluasi beberapa kompetensi dasar.
|
||
6
|
B-
|
Cukup
Baik dapat mengingat, mengetahui, menerapkan sebagian besar
kompetensi dasar tetapi kurang bisa menganalisis dan
mengevaluasi dua kompetensi dasar.
|
||
7
|
B
|
Baik dapat
mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis sebagian besar kompetensi
dasar tetapi kurang bisa mengevaluasi dua kompetensi dasar.
|
||
8
|
B+
|
Baik
sekali dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis sebagian
besar kompetensi dasar tetapi kurang bisamengevaluasi salah satu dari
kompetensi dasar.
|
||
9
|
A-
|
Baik
dan sempurna dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi semua kompetensi dasar tetapi kurang teliti mengevaluasi
salah satu kompetensi dasar.
|
||
10
|
A
|
Sangat baik dan
sempurna dapat mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi semua kompetensi dasar.
|
||
C. c. KETERAMPILAN
|
||||
NO
|
NILAI
|
DESKRIPSI
|
||
1
|
D
|
Sangat Kurang. Tidak
aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
soal cerita.
|
||
2
|
D+
|
Kurang. Kurang
aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
soal cerita.
|
||
3
|
C-
|
Cukup-sedang. Aktif bertanya,
mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
|
||
4
|
C
|
Cukup. Aktif bertanya,
mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
|
||
5
|
C+
|
Sangat Cukup. Aktif bertanya,
mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan soal cerita.
|
||
6
|
B-
|
Cukup Baik.
Aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
soal cerita.
|
||
7
|
B
|
Baik.
Aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
sebagian besar soal cerita.
|
||
8
|
B+
|
Baik sekali.
Aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
sebagian besar soal.
|
||
9
|
A-
|
Baik dan sempurna.
Aktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam menyelesaikan
semua soal.
|
||
10
|
A
|
Sangat baik dan
sempurna. Sangat ktif bertanya, mencoba, menalar dan kreatif dalam
menyelesaikan semua soal.
|
||